Gbis Nusukan Solo

Kamis, 13 Juni 2013

ACARA IBADAH RETREAT





Shaloommm….

Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi cerita tentang acara Retreat Pemuda dan Remaja GBIS Nusukan tahun 2013.

Merupakan suatu anugrah Tuhan sehingga acara Retreat ini dapat terlaksana. Kami para panitia benar - benar diproses Tuhan sedemikian rupa hingga pada akhirnya Retreat in berlangsung dan dapat dikatakan berhasil.

Retreat Komisi Pemuda dan Remaja GBIS Nusukan tahun 2013 ini dilaksanakan pada:



Hari / tanggal           : Jumat-Sabtu /  24-25 Mei 2013
Tempat                      : Hotel PringgondaniTawangmangu

Tema                          : Three – B (Bertmbuh, Berbuah, Berdampak)

Ayat                            : Kolose 2:7


Kami berangkat dari Gereja kurang lebih pukul 14.00 WIB yang sebelumnya kami berdoa bersama demi kelancaran acara dan perjalanan yang dipimpin oleh Bp. Pdt. Gideon Soeprapto. Tiba di Hotel Pringgondani sekitar pukul 15.30 WIB. Setibanya di lokasi kami melakukan pembagian kamar (placemen) setelah itu diadakan pula Opening Ceremony. Pada saat Opening Ceremony kami menyanyikan Hymne  PBIS dan Ikrar PBIS dengan semangat.

Memasuki sesi 1, puji-pujian kami naikkan dipimpin oleh Sdr. Jimmy dan Firman Tuhan disampaikan oleh Pdt. Margus Agus Hasiyono dengan tema “Dampak Identitas yang Rusak”.
Acara Sharing Bersama Mentor

 Setelah sesi 1 kami melanjutkan sesi yang ke 2 dengan WL Sdri.Ritta n team dan pembawa Firman Sdr. Hesa dengan tema “Tetaplah Bertumbuh”, selepas sesi 2  kami mulai membagi para peserta kekelompok-kelompok yang sudah direncanakan untuk kegiatan Mentoring.  Di sesi ini kami melakukan sharing bersama dengan para Mentor.
Pujian dan Penyembahan
Tak kalah seru setelah 2 sesi berjalan, kami juga ada acara api unggun yang di dalamnya kami meninggalkan kepaitan-kepaitan yang ada di hati dan disimboliskan dengan cara membuang kepaitan kami itu keapi yang menyala dihadapan kami. 
Agar keakraban antar peserta semakin terjalin, usai acara api unggun kami juga mengadakan acara Talent Show.  Canda tawa, kehangatan dan kemeriahan tercipta. Berbagai kreatifitas muncul di benak para peserta sehingga mereka juga menampilkan Talent mereka dengan unik dan beragam :D
Acara Api Unggun
Membahas acara Talent Show
Sarasehan
Waktu sudah semakin malam sekitar pukul 22.30 ,dibantu oleh Ibu Rody dan Ibu Lancur membuat nuansa Retreat lebih hangat dengan acara Sarasehan (bakar sate).  Setelah perut kenyang puas juga setelah bercanda bersama kamipun beristirahat (nice dreamz). Pada hari Sabtu kami memulai kegiatan kami jam 05.00 dengan doa pagi, dengan pemimpin pujian Sdr. Woro dan pembawa renungan Bp. Suryatno.
Talent Show
Ibadah doa pagi
Pukul 06.00 kami berolah raga bersama merelaxkan otot-otot badan yang dipimpin oleh Bp. Andrew setelah itu kami mengadakan acara GAME OUTDOOR hingga pukul 09.00.  Di sesi game ini sangat seru dan menyenangkan, bahkan dari game yang kami lakukan kami belajar tentang kerjasama, tentang saling melindungi, sehingga kami Komisi Pemuda dan Remaja dapat lebih akrab lagi.
Permainan Outbond
Permainan Outbond
Permainan Outbond
Makan Pagi bersama
Bp. Pdt. Obed menyampaikan Firman Tuhan
Permainan sesi
Setelah acara game ini kami pun melanjutkan kegiatan dengan makan pagi, mandi, dan mulai packing serta siap untuk kembali mengikuti setiap sesi yang masih menanti . yang special dari acara Retreat ini, untuk sesi 3, 4, dan 5 diisi oleh Bp. Pdt. Obed dari Team School of Healing Yogyakarta. Sesi 3 dengan Tema Hati Bapa, di sesi ini kita belajar mengerti apa yang diinginkan Tuhan sebaga ipribad iseorang Bapa bagi kita anak-anakNya. Sesi yang ke-4 adalah “Kepahitan”, di sesi ini para peserta diajak untuk mengungkapkan apa saja kepahitan yang ada di hati kami terkhususnya terhadap orang tua lalu mulai mengikis kepahitan-kepahitan itu dengan mengampuni dan membuka hati kepada orang tua sehingga diharapkan terjadinya pemulihan relasi antara orang tua dan anak.   Sesi yang ke 5 dengan tema “Berbuah dan Berdampak”.  Mengajarkan pada kami agar menjadi para Pemuda dan Remaja yang mampu berbuah dan dapat memberikan dampak pada lingkungan kita (sekolah, keluarga, tempat bekerja, masyarakat) dan kita juga dapat menjadi berkat saat berada di tengah-tengah mereka.
Sebelum kami pulang, adaa cara penutupan (closing), beberapa perwakilan dari peserta mengungkapkan kesan mereka setelah mengikuti acara Retreat ini, dan Puji Tuhan banyak responpositif yang kami terima, banyak kerinduan dari mereka untuk mengikuti acara Retreat kembali di tahun yang akan datang. 
Kesan dan Pesan dari salah satu Pemuda GBIS Nusukan
Hari sudah sore waktu menunjukkan pukul 17.00 kami pun meninggalkan Hotel Pringgondani menuju Solo dan sampai dengan selamat pada pukul 18.30.
Demikian yang dapat kami bagikan tentang keseruan dan sukacita kami dalam mengikuti acara Retreat Pemuda dan Remaja.Tuhan Yesus memberkati.

Salam Damai Sejahtera dan Tuhan Yesus memberkati.

5 komentar:

  1. merasa diberkati dgn retreat yg sudah diadakan,,, brharap retreat tahun dpan lebih luar biasa,, Gbu ↖(^▽^)↗

    BalasHapus
  2. Saya dukung terus kegiatan pemuda, maju terus didalam Tuhan.

    BalasHapus
  3. Luar biasa untuk pemuda, Semoga komisi muda dewasa, wanita dan Lamsia serta Komisi Pria juga bertambah semangat dan menyenangkan Hati Tuhan
    Saya dukung juga

    BalasHapus
  4. Syalom, salam luar biasa dari kami PBIS di Palembang (Bpk Gembala Bonar Manurung) 😊😉

    BalasHapus
  5. Puji Tuhan saya sangat diberkati & menjadi bahan inspirasi bagi saya & anak-anak PPA

    BalasHapus